Sosialisasi Bagi Pemilih Pemula

KPU Gandeng IPM Surabaya

Sosialisasi Pemilih Pemula

Sosialisasi Pemilih Pemula

SURABAYA, Salah satu cara yang penting, aman dan minim resiko dalam menarik simpati masyarakat dan mengurangi tingginya angka golput, khususnya pemilih pemula adalah dengan cara sosialisasi secara langsung. Komisi Pemilihan Umum (KPU) selaku lembaga yang berwenang menangani pesta demokrasi ini sudah seyalaknya untuk turun langsung.

KPU kota Surabaya dengan menggandeng Pimpinan Daerah IPM Kota Surabaya pada Rabu 25 Maret 2009 bertempat di Universitas Muhammadiyah Jl. Sutorejo No. 59 Surabaya mengadakan Seminar Pendidikan dan Politik dan Sosialisasi Pemilu Legislatif 2009.

Acara yang digagas khusus untuk pelajar se-kota Surabaya ini mengusung tema Pendidikan Politik Bagi Pelajar Sebagai Momentum Strategi Untuk Menyongsong Kemajuan Bangsa. Dimulai dengan pemaparan 4 narasumber yang tidak lain adalah para calon legislative (caleg) dan calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yaitu Hj. Musfiroh S. Badrie, Drs. H. Kuswiyanto, M.Si, Ir. H. Thamhid Masyudi dan Nurul Amaliya, S.Si dari KPU kota Surabaya.

Rahmad Wahyudi selaku ketua panitia mengatakan bahwa acara ini untuk mengenalkan secara langsung cara memilih yang baik dan benar. “Pemilu tahun 2009 saat ini beda dengan pemilu-pemilu sebelumnya, karena di tahun ini kita mencontreng bukan mencoblos. Bahkan, ini sosialisasi pertama dengan peserta pelajar,” ujar Rahmad Wahyudi saat ditemui Acta Surya (Wartawan STIKOSA AWS).

Ditanya apakah tidak takut terjadi kampanye terselubung? Pria berambut panjang ini menjelaskan bahwa semuanya dikembalikan kepada peserta. “Tentu para pelajar dapat memilah-milah mana yang baik dan buruk. Kalau menurut mereka benar dan bisa diikuti, mengapa tidak ?” jelas Toby panggilan akrab Rahmad Wahyudi.

Hal senada diucapkan oleh Nurul Amaliya, S.Si selaku anggota KPU kota Surabaya bahwa acara semacam ini sangat jarang ditemui. “Sosialisasi memang sudah sering dilakukan. Namun, dengan peserta pelajar sangat jarang ditemui. Bukan itu saja, saat ini kita mencontreng bukan coblos,” ungkap Nurul Amaliya saat di temui Acta Surya di sela-sela acara.

Akan tetapi Nurul Amaliya menyesalkan karena peserta kurang serius. “Sayang, pesertanya tergesa-gesa untuk pulang. Selain itu, dari total 200 peserta hanya 30 persen saja yang sudah mendapat hak pilih, sedangkan sisanya baru tahun depan,” papar wanita berjilbab ini.

Sementara itu, Drs. H. Kuswiyanto, M.Si saat ditemui Acta Surya di sela-sela acara mengatakan kalau dirinya tidak kampanye. “Saya tidak kampanye, lha wong disini saya sebagai anggota Komisi E DPRD Jatim. Tapi, kalau teman-teman menanggapi lain ya tidak masalah,” kata Kuswiyanto. (Naskah/Foto : Q_Ta)

Iklan

One response to “Sosialisasi Bagi Pemilih Pemula

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s